Selasa, 16 Oktober 2012

E-Commerce dan E-Bussiness


Perdagangan elektronik (E-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Faktor kunci kesuksesan E-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  • o   Menyediakan harga kompetitif
  • o   Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • o   Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • o   Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • o   Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • o   Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  • o   Mempermudah kegiatan perdagangan


Masalah yang dihadapi
  • o   Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  • o   Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.


Aplikasi pendukungnya
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
  • o   E-mail dan Messaging
  • o   Content Management Systems
  • o   Dokumen, spreadsheet, database
  • o   Akunting dan sistem keuangan
  • o   Informasi pengiriman dan pemesanan
  • o   Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • o   Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • o   Newsgroup
  • o   On-line Shopping
  • o   Conferencing
  • o   Online Banking/internet Banking
  • o   Product Digital/Non Digital


Perbedaan E-commerce dan E-bussiness
  • o    E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
  • o    E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
  • o    E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
  • o    E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar